5 Kebiasaan Buruk Bangsa Indonesia Yang Tidak Dimiliki Bangsa Yang Maju

Satu pertanyaan yang sering terlintas dalam benak setiap orang yang peduli terhadap bangsa ini adalah, “Mengapa bangsa Indonesia kok nggak maju-maju sampai sekarang…?”

Setelah saya amati, ternyata mayoritas penduduk negeri ini memiliki kebiasaan buruk yang tidak dimiliki oleh bangsa lain di negara maju.

Sebenarnya banyak sekali kebiasaan2 buruk yang sering dilakukan oleh masyarakat sekitar kita, namun kali ini saya hanya akan menguraikan lima poin saja, karena hal-hal inilah yang paling sering dianggap remeh oleh sebagian besar masyarakat. Mudah2an kita bisa memperbaiki diri dengan menghindari hal2 kecil seperti ini.

Adapun kebiasaan-kebiasaan buruk warga, tetangga, sepupu, kolega, orang lain atau bahkan kita sendiri sebagai warga negara, yang paling sering terjadi dan berlangsung secara terus-menerus adalah :

  1. Membuang sampah sembarangan. Di tempat2 umum sering kita jumpai peringatan yang berbunyi “Dilarang Buang Sampah Sembarangan!” Namun terkadang sulit sekali untuk menemukan tempat sampah di area tersebut, aneh… Salah siapa? Saya pernah ngobrol dengan seorang Londo, ia mengatakan “Orang Indonesia itu aneh ya,  suka buang sampah sembarangan tapi setelah itu disapu/dibersihkan sendiri, itu namanya kurang kerjaan”.
  2. Gaya Hidup Tidak Sehat. Jajan sembarangan, padahal 99% makanan yang dijajakan di luar rumah itu tidak sehat menurut saya, penuh dengan zat kimia berbahaya seperti pewarna, pengawet, penyedap rasa, dll.
  3. Tidak Tertib Lalu-Lintas. Kalo yang satu ini sudah nggak aneh lagi, apalagi di kota besar dalam lingkar Jabodetabek. Rasanya puas dan bangga jika berhasil menjuarai lomba balap di start pertama pada detik-detik sebelum lampu merah berganti kuning, dst…
  4. Egois alias Tidak Peduli Kepentingan Orang Lain. Merokok di tempat umum dimana sangat mengganggu orang di sekelilingnya, dll.
  5. Konsumtif. Sadar atau tidak, mayoritas bangsa kita cenderung bersifat konsumtif, alih-alih berpikir menjual sesuatu untuk menghasilkan pendapatan. Bahkan sejak belajar membaca kita sudah dijejali bacaan yang menurut saya negatif, contoh yang paling sering jadi kalimat dalam pelajaran SD adalah; “Ibu ke pasar membeli buah-buahan…”. Mengapa kalimatnya harus seperti itu? Mengapa bukan, “Ibu ke pasar menjual buah-buahan…” ??? Mengapa China yang penduduknya lebih banyak justru berhasil menguasai ekonomi Indonesia? Mengapa bukan kita yang menjual produk ke China? Kan, konsumennya lebih banyak…!?

  1. bener banget tuh, nambahin neh
    orang kita gak percaya pada diri sendiri, cinta produk luar gak menghargai produk lokal, makanya ekonomi merosot

  2. betul skali bro… plus lg pjbt tingg g beres n tdak gntle

  3. betul juga tuh!!!
    ada juga kalimat “bapak bekerja dikantor selular, kenapa tidak ” bapak mempunyai kantor selular”
    selalu bangsa china yg menguasai semua..

  4. tul itu bosss… kalo laper tak mau kerja pada nanduk aja indonesia itu kaya… akan budaya hasil alam, kerajinan tangan dan pertanian… kenapa masih ada yang gak sekolah..??? tanya kenepa..?? karena para pejabat muka 12

  5. sip sip boleh aq copy past artikelna
    hehehh,….

  6. @ari, @arfa:
    mo copas silakan, yg penting jangan lupa tautannya, trimz udah berkunjung

    @karim:
    kalo ngomongin pejabat sih ga ada ujung pangkalnya, trims udah nambahin

    @baju baju:
    he…3x. makanya setiap anak sekolahan jika ditanya cita2 pasti jawabnya ingin punya kerjaan yang baik, jarang sekali yang ingin jadi pengusaha, trimz udah berkunjung, semoga baju2nya makin laris

    @surya:
    setuju…kekayaan indonesia hanya untuk asing plus para koruptor, trims bos

  7. betul bangett..
    hahahahaha..

    ayo perbaiki sikap nih…

  8. e.g

    hahaha..ya betul.Pasti kita-kita berdalih ini hasil jajahan dan budaya belanda selama 350 thn sebagai kambing hitamnya

  9. Hehehe.. betul juga tuh… :)

  10. setuju banget dengan point pertama..

    tapi ada yg lebih memprihatikan.. ada yg udah sadar buang sampah di tempatnya… eh ada yg buang kotak sampahnya malah ke sungai…

    • makanya jakarta sering banjir karena kalinya penuh dg sampah, kalo ditertibkan malah galakan yg dilarang.
      sori url-nya saya edit, didetek SPAM…lagian di namanya kan udah ada urlnya langsung

      • Tri Setyo Wijanarko

        di tambah lagi, jakarta banjir karena banyak yang tinggal di pinggiran sungai, jadi tambah banyak aja yang buang sampah ke sungai plus ruang untuk sungai semakin menyempit.. rumah2 ditepi sungai nggak digusur tapi membahayakan, kalo digusur dibilang nggak punya hati nurani.. piye iki?

  11. mo nambahin nih, kalo orang indonesia kebanyakan tidak bisa menghargai waktu

  12. the riza de kasela

    yang no.1 sangat terkutuk
    Hahaha……
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di rizaherbal.wordpress.com

  13. Saya sangat setuju, apalagi klo dibuat perbandingan antara kinerja pegawai swasta dan PNS…wahhhh jauhhh dechh….
    Saya sebenernya PNS tapi sebelumnya lama kerja di swasta…setelah jadi PNS malah jadi tambah stresss…amburadul….dahhh

    DOWNLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN GRATIS
    penuai.wordpress.com

  14. betul Om,mari dmulai dari diri sendiri

  15. Bener banget tuh buat poin pertama.
    Saya yang liat kenyataan ini pada instansi pendidikan juga makin prihatin.
    Gurunya aja emang kadang ada yang ga perhatian, gimana muridnya?

  16. Setuju sekali dengan tulisannya……

    Salam kenal

  17. wyw1d

    Ulasan yang bagus dan tepat akurat.bravo Mas AbuGhalib!

  18. Waahhh….
    Itu bner bgt alesannya…

  19. adianto

    Mari kita renungkan,sadari mulai sekarang dan laksankan ………….oke??

  20. m4x4ll

    ya ya indonesia emang hebat

  21. Benar sekali…

    Dan masih banyak sifat lain lagi..

    salah satunya adalah kurang ulet.. Biasanya kalau kita diberikan pinjaman modal oleh bank untuk usaha, belum ada untung malah sudah dipakai untuk keadaan yang kurang mendesak lainnya.. bahkan cenderung untuk berfoya-foya.. biasanya dengan acara syukuran pembukaan suatu usaha baru yang berlebihan..

  22. pinterpol

    3 terakhir tertular kebiasaan buruk negara maju. liberal, egois dan konsumtif.

  23. elfarizi

    Sebenarnya saya mau nambah, tapi kayaknya gak muat neh dimuat di sini atau malah saya gak kuat buat ngetiknya… Lepas dari itu, mudah-mudahan, kita masih cinta Indonesia ya, karena yang buat 5 kekurangan itu kan penghuninya :) Mudah-mudahan blogger yang baca ini jadi sadar dan memberikan teladan baik bagi anak cucunya… Nice writting.

  24. iya..kita patut berkaca pada diri masing-masing…

    ——————————
    shiawasenakatei.wordpress.com/

  25. Setelah ane pikir2 teryata bener juga pendapat ente.. yang paling menyebalkan tu poin ke 4, merokok ditempat umum….

  26. dan

    secara dunia memang bisa juga seperti itu atau bisa juga karena korupsi, ketidak-patuhan rakyat, kecurangan para pedagang, moralitas jelek dan kriminalitas tinggi.

    secara agama adalah karena kurangnya ilmu yang benar dan pengamalan yang baik dari agama, banyak kesyirikan dan ajaran yang diada-adakan / kesesatan.

  27. lingga88

    yang ke 6, apatis, orang Indonesia selalu memandang rendah bangsa sendiri.. kalau sudah gini ya gimana ngeharap USA memandang tinggi ke arah kita ?
    betul tak mas ?

  28. hm…berubahlah mulai dari diri sendiri…

  29. syukriy

    kebiasaan yang menjadi budaya…

  30. rodrymikhael

    sudah menjadi peradaban,susah kalau mau dibenahi….

  31. Setelah tahu 5,6,7 poin dst…masalah yg dihadapi bangsa ini adalah merubah budaya komunal-nasional tidaklah semudah membalik telapak tangan 230jt penduduk Indonesia. Jangan cuma direnungkan dan pahami tapi cobalah buktikan itu ;)

  32. Betul Pak, kelima kebiasaan buruk di atas sangat menghambat pembangunan. Yang nomer 2, itu biasanya dilakukan oleh kalangan menengah ke bawah (yang notabene mayoritas juga). Serba salah kalau ngomongin soal jajan sembarangan. Soalnya para PKL juga berusaha supaya punya penghasilan :)

    Marilah kita mulai membuang kebiasaa-kebiasaan tadi mulai dari lingkup terkecil. Diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

    Tulisan Anda bagus :)

  33. plentiswae

    Waduh jadi tersungging eh, tersinggung neh ane …. :mrgreen:

  34. oke setuju, jadi ingat 3M, Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari SEKARANG! OKE?

  35. Yang diperlukan adalah solusi dan tindakan nyata, setelah kita tahu kelemahan dan kekurangan bangsa kita (tanpa perlu membesar-besarkan hal yg negatif). Apa yg bisa kita lakukan…mulailah dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, hingga bisa se Indonesia. Okay!

  36. Mudah-mudahan banyak yang baca blog ini
    agar sedikit demi sedikin kebiasakan buruk itu hilang

    Salam Dahsyat
    iklanbaris-gratis.org

  37. muslimshare

    hahaha…. gua suka balapan di detik2 terakhir lampu kuning jadi merah… puas rasanya…

    nice info…

    salam muslimshare
    muslimshare.wordpress.com

  38. andhityas

    nice inpo gan…

    mari kita perbaiki citra itu,..

    blog walking ^^

  39. y41k

    sebetulnya sih bangsa kita lebih banyak punya “potensi-etika” hidup yang lebih unik dan tidak dimiliki oleh bangsa lain, namun hal itu lambat laun sirna dan tak terwariskan oleh generasi mudanya.. contoh… (ntar dulu ada tamu)- NICE TO MEET YOU

  40. adampisan

    salam kenal mas… blogwalking nih… emang betul yang sampeyan bilang tuh, terutama yang suka buang sampah dari mobil ke luar… plung…plung keluar dari jendela… memang egois juga ya…

  41. ass ww , mo tambah juga mang: kira2x saya dan sampean teramsuk gak yach??????….embuh!!

  42. arifrahmanlubis

    salam kenal.

    5 sifat yg jadi bahan intropeksi. minimal kita jangan

  43. suprememaster

    semua bangsa akan hancur pada 2012.

  44. gw setuju sama artikel ini…

    solusinya??? saya kira bangsa ini harus mulai perduli dengan sekelilingnya…

    misalnya, kayak tmpat gw tinggal di jakarta…
    kalo banjir, pasti pemerintah melulu yg disalhkan…
    pdhl kita juga berperan loh…
    wong kita msh banyak yg buang sampah sembarangan ke kali.. ya wajar ajalah kalo musim hujan jadi banjir…

    information retrieval

  45. Sungguh kebiasaan yang baik, eh buruk.

  46. selagi saya masih muda, saya akan coba berubah
    terimakasih untuk penulis yang sudah mengingatkan saya

  47. Agus RN

    sebenarnya gak enak buka aib bangsa sendiri tapi gimana yah…pemimpinnya juga gak bisa merubahnya jadi kita aja yang bergerak untuk berubah. masih ada sifat bangsa ini yang ajaib yaitu kreatif tapi licik, bagus idenya tapi merugikan orang lain, suka sembunyi di balik aturan, pengen demokrasi tapi senangnya dilakukan dengan anarkis, ingin bagus tapi malah mengakali sistem. untungnya masih ada anak bangsa yang berprestasi di internasional, sayangnya yang keekspose buruk borok dan bobroknya aja!!!!! kasihan deh Indonesia!

  48. Hebat…Blog ente muncul terus di dashboard wordpress ane. Komentar dikit… Kebiasaan buruk emang cepet menular, Beda dengan kebiasaan baik, yang perlu waktu untuk ditularkan..

  49. rdhi

    ada lgi nih @…Lou dah kenci** hrz d siram…………

    biar subur……………hehehehehehhhh

  50. benar bro…
    tapi solusinya gimana yach….
    alias tulis juga solusinya bro

  51. Ria

    so…dengan kata lain, kalau mau Indonesia maju seperti yg lain harus menghidari point diatas ya daeng :D

  52. Mantap! Tapi masih banyak lagi kejelekan yang tidak dimiliki bangsa maju!

    SAyangnya kita sendiri tidak mau tahu dan tidak peduli bahwa tulisan seperti ini hanya bertujuan mengingatkan agar kita improve, supaya bisa lebih baik lagi. Sayang pula tulisan seperti ini sangat sedikit.

    Lha kapan Indonesia jadi negara maju kalau terus merosot ekonominya?

    Kapan ekonomi bisa baik kalau terus konsumsi?

    Yuk lakukan hal terbaik yang kita bisa sekarang juga….

    SAlam kenal mas Ghalib, saya tunggu kunjungan baliknya ;)

  53. Heheheh …
    dan satu lagi …

    Lebih pintar “mengamati”
    dari pada “mengerjakan” sendiri …

    Banyak “pengamat-pengamat” yang (kelihatan) pintar kan ??
    :)

    • hehehe…

      pintar mengamati, banyak komentar, jago protes tapi ngga punya solusi alias NATO, sekali2 kayaknya pak trainer harus turun tangan untuk membenahi moral bangsa kita ini pak

      thanks

  54. fey

    sebenarnya lebihi dari lima..
    coba cari lg mas..
    hihhihi :mrgreen:

  55. betul-betul hal-hal seperti itu adalah hal-hal kecil yang menggambarkan bagaimana peradaban suatu bangsa..

  1. 1 Tri Setyo Wijanarko's Blog

    AKU MENANG KARENA AKU KALAH (SEMUA TERJADI KARENA SUATU ALASAN)…

    Baru dapet sebuah cerita yang cukup menarik dari millis, cerita yang berdasarkan kisah nyata. Selamat membaca AKU MENANG KARENA AKU KALAH (SEMUA TERJADI KARENA SUATU ALASAN) Oleh : Frank Slazak (Sebuah Kisah Nyata) Semua dimulai sebagai impian, aku ing…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

%d bloggers like this: