Kidal

Pernahkah Anda mendengar istilah kidal? Kidal merupakan istilah bagi orang yang cenderung menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai perkerjaan ketimbang menggunakan tangan kanan.

Lalu, tahukah Anda bahwa pemilik blog ini seorang kidal? Entah apa sebabnya saya juga kurang tahu persis karena kedua orang tua saya bukanlah kidal, termasuk saudara-saudara saya juga tidak ada yang kidal, kecuali adik saya yang pernah mengalami patah tangan kanan sehingga mau tidak mau ia harus lebih banyak menggunakan tangan kirinya dibanding tangan kanan.

Tantangan selaku orang kidal saya alami saat masuk SD dimana pada saat itu di kampung saya, kidal masih dianggap tabu. Walhasil sayapun terpaksa jadi bulan-bulanan para guru ketika saya hendak menulis dengan tangan kiri. Membaca dan menulis merupakan hal yang mudah bagi saya, bahkan jauh lebih baik dibanding mayoritas teman-teman saya yang lain, namun jika dipaksa menulis dengan tangan kanan maka menulis pun jadi pekerjaan yang paling sulit buat saya. Menulis dengan tangan kanan membuat dunia serasa terbalik.

Hidup sebagai anak yang kidal membuat saya cenderung dikucilkan dari pergaulan. Bahkan saya pernah memohon kepada orang tua untuk memberhentikan saya dari sekolah jika pihak sekolah melarang saya menulis dengan tangan kiri, namun saya bersyukur memiliki orang tua yang sangat perhatian dan sabar dalam mengajari saya hingga akhirnya sayapun bisa menulis dengan tangan kanan meski tidak sebagus tulisan tangan kiri saya.

Dari segi pemikiranpun saya sering jadi bahan tertawaan teman-teman sekolah karena saya selalu memiliki cara pandang dan ide yang berbeda dari kebanyakan orang. Di dalam kelas saya selalu dianggap rewel karena terlalu banyak tanya dan tidak pernah puas dengan jawaban yang kurang detil. Adapun mata pelajaran yang paling saya benci (bahkan sampai saat ini) adalah matematika.

Hal yang paling menyedihkan saat pelajaran agama dimana didalamnya disinggung masalah kebiasaan orang kidal, dikatakan bahwa kebiasaan melakukan suatu pekerjaan dengan tangan kiri sama dengan kebiasaan setan. Astaghfirullah, sungguh saya tidak pernah berharap terlahir sebagai orang kidal, namun entah mengapa secara tidak sengaja kebiasaan ini sangat sulit untuk dihilangkan.

Alhamdulillah saat beranjak dewasa, saya sudah terbiasa melakukan hal-hal baik dengan tangan kanan seperti makan, minum, menulis, memberi atau menerima sesuatu, berjabat tangan, dsb. Namun untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan power seperti melempar, memukul, mengangkat benda berat, dsb, saya masih cenderung menggunakan tangan kiri alias kidal.

Ada legenda umum yang mengatakan bahwa kebanyakan beruang kutub juga kidal, semoga hal ini bukan berarti saya masih ada hubungan keluarga dengan beruang kutub.

About these ads

  1. Oyen

    Oyen punya kawan yang kidal, sohib Oyen jaman SMA, saking setianya ma Oyen mpe ngintilin kuliah. Oyen masuk IPB dia ikutan, tapi karena jurusan misah akhirnya rencana sekostan bareng gak kesampaian. Dan akhirnya dia jadi lulusan terbaik Fapet 2006

    Nurut Oyen gak masalah, selama kita sudah berusaha semaksimal mungkin menggunakan tangan kanan, utamanya untuk aktivitas yang baik-baik.
    =============================================================
    abu ghalib:
    betul yen, yang penting makan minum pake tangan kanan, kalo lempar sendal atau lempar mangga tetangga pake tangan kiri boleh aja,kan?
    :D
    =============================================================
    *keknya perlu diselidiki, jangan2 iya, udah tes DNA belon? :mrgreen:
    =============================================================
    abu ghalib:
    aha…nih dia saudaranya beruang kutub baru nongol, mestinya tadi saya link ke sana ya, aduh lupa.

  2. kidal terjadi karena dua kemungkinan, yang pertama karena kebiasaan sejak kecil, sednagkan yang kedua merupakan faktor genetis yang tidak mesti pada saudara kandung atau ayah ibu, mungkin saja muncul pada paman bibi atau bahkan kakek beberapa generasi sebelumnya
    =============================================
    abu ghalib:
    kalo dilihat dari keturunan, memang paman saya ada yang kidal juga

  3. iya, yg penting makan minum bisa pake tangan kanan.
    mas abu pinter nggambar ya?
    =========================================
    abu ghalib:
    saya ga pintar melukis, karena dalam islam melukis merupakan hal yang dilarang. tapi kalo mba yani mau dilukis sama saya, boleh aja
    :D

  4. ohya?
    wah.. dulu pas kita ketemuan gak sempat melihat keahlian kidal-nya..

    dulu waktu SMP saya juga punya temen yang kidal Bu,
    kasian bgt, sering dimarahin guru karena dianggap gak sopan.

    dan soal kalo melakukan sesuatu yg butuh power akhirnya pake tangan kiri.. yaaa namanya dari sononya kidal.. tangan kiri pasti lebih kuat :)

    tapi malah sekarang kanan kiri bisa kan?
    ==================================================
    abu ghalib:
    ya ampuuun… mba anna lupa ya? dulu kan kita salaman pake tangan kiri
    :D
    alhmadulillah sekarang saya bisa kanan kiri…

  5. biasanya orang kidal lebih cerdas mas abu,karena kalau orang biasa pakai otak kiri ,mereka pakai otak kanan. katanya sih begitu menurut sumber yg tidak dapat dipercaya hehehe :P

    yang jelas berbeda bukan berarti suatu hal yg jelek,bisa jadi malah menguntungkan :)
    ==================================================
    abu ghalib:
    ada yang bilang otak kanan itu cerdas, ada juga yang bilang otak kanan = GILA, yang kedua ini yang saya suka
    :D

    • betul betul betul…setujuh sekali mas didot..orang kidal bukan berarti dia tak bersyukur dan sesuatu yg jelek..so keep smile ^^
      ==================================================
      abu ghalib:
      betul mas, yang penting dalam melakukan hal-hal yang baik tetap menggunakan tangan kanan, trimz
      :D

  6. iin syah

    Wah, berarti Iin juga msh sodaraan sama Beruang kutub donk??
    xixixiiii
    Iin juga kidal…
    tapi soal tulis-menulis waktu kecil dimarahin mulu,
    jadinya kanan, cuma kalo skarang di suruh nulis pake kiri
    bisa juga.
    Semua2, In otomatis kiri dulu yang nyahut…
    dari motong2, nyuntik2, dll……… :-)
    ================================================
    abu ghalib:
    wah, ada sodara nih? yuk kita ke kutub bu, di sana lebih banyak saudara kita ketimbang di sini
    :D

  7. klo di blog gak keliatan tuh, Abu, kidalnya :)
    tapi kan abu sudah berusaha melakukan hal-hal yang baik dengan tangan kanan..
    =====================================================
    abu ghalib:
    saya pegang mouse pake tangan kiri mba, kalo ngetik keyboardnya di atas kemudian monitor di bawah. ah mba fety ini ada2 aja, masak mentang2 saya kidal lalu semua harus dibalik???
    :D

  8. masa sih ada sekolah yang gak bolehin muridnya nulis pake tangan kiri? aneh dong ya.. namanya kalo orang kidal ya pake tangan kiri. lagian mau pake tangan yang mana kan gak masalah, yang penting tujuannya (menulis) tercapai. ya gak? :D
    ================================================
    abu ghalib:
    saya setuju dengan mas arman, yang penting kan hasilnya

  9. tapi selama ini yg saya liat orang kidal itu cerdas2 lho mas, apalagi bisa kedua2nya katanya punya keseimbangan otak kiri dan kanan :)
    ====================================================
    abu ghalib:
    kata orang memang begitu, makanya saya sering dianggap aneh karena pola pikir saya cenderung berbeda dengan orang kebanyakan

  10. wah wah si pemikir dengan otak kanan..
    ini sih bukan saru tapi seru..hehe

    -istimewanyaa-

    Danke ^_
    =======================================
    abu ghalib:
    aha…saya akan coba berpikir dengan otak kanan untuk menemukan arti dari kata “Danke”. Mhmmm…tunggu ya
    :D

  11. inilah masalah etika terhadap kebebasan. makanya aku nggak suka etika. sekarana pun kalau minum aku juga pake tangan kiri walau nggak kidal. katanya manusia harus bisa ota kiri dan kanan biar otaknya power full. makanya kalau tangan kanan dan kiri dilatih bersamaan, skill manusia akan meningkat.

  12. kit senasib Mas, Saya juga kidal, emang sangat susah menghilangkan kebiasaan itu y Mas..???

  13. Beruang kutub kidal? Baru tahu ^__^

  14. Delia

    Ulasan terakhirnya yang buat ketawa.. :lol:

    Lia melihatnya malah itu suatu keistemewaan… karena yg tangan kidal sebenarnya juga bisa melakukan pake tangan kanan walau tidak sebagus tangan kiri..

    coba yang normal… pasti sangat susah make tangan kiri..

    Jadi ingat postingan fansmania… klo yg pake tangan kiri disebut kidal… yang pake tangan kanan disebut kadal :D

  15. Lah, Mas, adik saya kidal tapi dia bisa lancar ngapa-ngapain pake tangan kanan. :D
    Memang udah dididik supaya bisa pake dua tangan sejak kecil. Kalo nulis tangan kiri capek, bisa pake tangan kanan. Gak heran, kedua otaknya berkembang, otak kanan dan kiri. Lebih pintar dari saya. :lol: :lol:

  16. kidal tuh mungkin karena kebiasaan ya de… buktinya setelah gede bisa gtu kok pake tangan kanan… (gede?? kek anak2 aja…)

  17. menyapa abu, semoga sehat selalu.. maaf aq off dr FB ya, terimakasih atas pertemenan di sana selama ini… ^^

  18. Abu …
    Kidal atau Tidak KIdal …
    Bagi saya sama saja …
    Yang penting karyanya …

    Yang jelas …
    Saya pernah mendengar bahwa Orang Kidal itu banyak yang mempunyai kepribadian yang unik dan khas … entah benar entah tidak …

    Salam saya Abu …

  19. tetep semangat sob …

  20. Si Paijah

    kunjungan pertamax saya di sini, menurut saya kidal itu unik entah itu menurut saya lho :D

  21. wahahaha… tenang aja daeng, beruang kutub mah masih jauh sistem kekerabatannya dengan manusia, xixixi….

    kemungkinan kidal ini dipengaruhi juga oleh faktor genetik sebab jika hanya faktor kebiasaan maka tentu semua anak bisa dominan dengan tangan kanan. Tetapi anak-anak yang tumbuh bersama dalam lingkungan yang sama bisa saja ada yang kidal, jadi kemungkinan ada faktor inherent yang terlibat disini.

  22. wah kidal y……heheh
    bisaan nich abang kita
    salam hangat dari blue

  23. Ada juga saya pernah baca, bahwa umumnya orang kidal itu mempunyai IQ yang tinggi.

    Selamat siang sobat… salam hormat saya sesama blogger angin mammiri.

  24. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Kidal adalah satu dari keunikan manusia. Hanya segelintir sahaja manusia memiliki kidal ini. Walau bagaimanapun, satu sifat yang bijak bila Abu berusaha menggunakan tangan kanan dalam urusan yang menjadi sunnah walau masih tidak meninggalkan yang asalnya dan menjadi kekuatan fizikal. Selamat berhujung minggu dan salam mesra buat Ab Ghalib dari saya.

  25. :D kidal kah?
    ah itu kan bukan kemauan dari abu…
    kalo memang dikasihnya begitu gimana donk? :P
    tapi sekarang sudah bisa pake tangan kanan kan ;)

    HIDUP!!! ^_^

  26. kidal atau kanan, buat bunda gak masalah, yg penting kepribadiannya selalu baik dan positif.
    dan,punya teman yg kidal, malah paling baik hati juga selalu mau menolong.
    salam

  27. wiwin9

    wah sama kak,aku juga kidal walau akhirnya bisa melakukan kegiatan menulis,jabat tangan,makan dengan tangan kanan tapi untuk melakukan hal2 berat masih dengan tangan kiri heheehe.ampe mo ngambil lauk aja masih pake kiri …. gak ada yang salah kan?kan keuntungannya akhirnya kita bisa menulis dengan tangan kanan dan kiri :P

  28. UHoo~~uhoo~~ semua orang, sejak bayi / balita memang cenderung menggunakan tangan kirinya om , berarti pada saat balita otak kanan kita yang aktif pertama disusul otak kiri. Kronologisnya dalam Islam: mendahulukan yang kanan dari pada yang kiri. Berhubung otak adalah pengatur koordinasi tubuh, makan Allah Swt mendahulukan mengaktifkan otak kanan dari pada otak kiri. Imbasnya, bagian tubuh yang kiri yang lebih aktif daripada bagian tubuh yang kanan. Itu spekulasi dari Ayas, om semoga bisa mbantu :D :D *ngarep*

  29. saya juga kidal bro,namun nggak ambil pusing..karena banyak lho yang kidal muncul sebagai seorang yang spektakuler…. jago bulutangkis, bola dsb.

    salam kenal daeng

  30. Sebenarnya itu hanya faktor kebiasaan aja kok sob, nggak ada itu hubungannya dengan perbuatan setan. Orang barat selalu mendahulukan kiri itulah sebabnya moralnya juga ngikut2 setan. EMang betul, agama kita mengajarkan bahwa utamakanlah tangan kanan karena kebaikan ada padanya… maksudnya meberi sesuatu dengan kanan, mandi dahulukan sebelah kanan, berjabat tangan dgn tgn kanan, masuk mesjid dahulukan kaki kanan dan sebagainya.
    Tetapi bila kegiatan rutin seperti menyapu, masak, ngepel, makan, boleh2 saja anda gunakan tangan kiri. tetapi untuk hal yang baik gunakan sebelah kanan.

  31. Kidal, kalo kata orang sono “left handed” :mrgreen:
    Ya, mungkin ada hal-hal tertentu dan area-area tertentu dimana tangan kidal sebaiknya tidak mendahului rekannya yang satu lagi.
    Contoh sederhana: makan/minum :)

    Btw, balita/anak-anak yang masih kecil sebaiknya tidak dibiarkan jika tangan kidalnya lebih aktif. Harus diantisipasi

  32. Baru tau nih istilah kidal.. hehe… salam kenal aja tuk semua

  33. ATI

    iya, beberapa temanku yg kidal jg hampir sama kondisinya, pakai tangan kiri hanya pada aktivitas yg memerkulan power, toh
    kalau makan, minum, bersalaman, dll pakai tangan kanan kog
    Toh, agama (Islam) menganjurkan untuk menggunakan tangan kanan pada saat-saat tertenu, spt makan n minum:

    Nabi Muhammad SAW bersabda :” Janganlah seorang dari kamu makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya, sesungguhnya syetan makan dan minum dengan tangan kirinya” hadits riwayat Tirmidzi juz 3 , hal.166 no.hadits 1860.

    Serta, menganjurkan LEBIH UTAMA untuk mendahulukan yg KANAN untuk pekerjaan2 yg baik spt, masuk mesjid, berpakaian, dan memakai sendal. Tidak ada KEHARAMAN menggunakan tangan KIRI dalam urusan spt Menulis, mengangkat beban, melempar, dsb.
    Bukannya terlalu memuji2 orang Kidal, krn Sy pun bukan org kidal, dan setahu saya, di keluarga jg tidak ada yg kidal, tp berusaha utk berpikir obyektif dan kritis dgn landasan yg rasional-ilmiah, bukan mengikuti kepercayan yg tidak berdasar.

    Sepertinya perlu diusulkan tuh utk para guru agar tidak terlalu memaksa anak didik mereka untuk menulis dgn tangan kanan (khusus bagi org Kidal), Toh, Kidal bukan Aib or Keburukan or Dosa. Para guru sebaikanya mengarahkan tentang Adab2 keseharian yg memang menganjurkan pakai tangan KANAN, spt makan, minum, bersalaman terutama Tingkat SD, ketimbang memaksa Anak untuk MENULIS dgn tangan KANAN.
    WALLAHU A’LAM BISSHAWAB.

  34. sama aja kayaknya
    ————————————
    sama apanya mas?

  35. susi

    aq jg kidal,sampe skg nulis msh kidal.kalau makan sih udh ga. jd kidal berat bgt,mulai dr ditegur,dibentak,dikucilkan dan dihina.tp menurut aq selama aq g menggunakan tngn kiri aq untk makan or minum sih g masalah.aq anggap aja kidal itu adalah kelebihan bg aq.

  1. 1 Oyen punya cerita

    [...] punggawa kerajaan Makassar, Betawi, Jowo atau jangan-jangan kecurigaan Oyen terbukti, keturunan Beruang Kutub (ah, semoga tidak, kasian Ghalib). Demen main di mari karena poto Oyen mirip sama saudaranye, entu [...]

  2. 2 Koper Man Jengkol Nyuz 2010 « Oyen punya cerita

    [...] teka-teki dan misteri, karena berdasarkan pakar santetlogi dia masih ada pertalian darah dengan beruang kutub. Jika benar, sungguh malang nasib para beruang [...]

  3. 3 Maaf, Saya Bukan Pikun, Tapi (Mungkin Agak Sedikit) Pelupa… « Abu Ghalib

    [...] Emosi , Humor Leave a Comment Tags: Cerita konyol, Forget, Lali, Lupa, Ternak Teri Selain kidal, Abu Ghalib juga punya kelemahan dari segi kemampuan mengingat. Berikut ini beberapa cerita konyol [...]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

%d bloggers like this: