Antara Maya Dan Nyata

Pertama-tama, mari kita simak petikan SMS sbb:

Oyen     : Halo, Pak Abu. Sayah lagi di Bogor, lho!?

Abu        : Siapa?

Oyen     : Ini sayah, Oyen…!!!

Abu        : Saya tahu ini Oyen, maksud saya SIAPA yang nanya?

Oyen     : Agggrrrhhh…!!!

Abu        : Iya…iya… Maaf, saya bercanda

Oyen     : Pak Abu lagi dimana? Di Bogor apa di Makassar? Ketemuan, yuk!?

Abu        : Aduh maaf, Yen. Saya dah seminggu di Makassar. Oyen telat sih maen ke Bogor-nya

Oyen     : Ya udah, kalo gitu enggak jadi!!!

Abu        : Mangkanya kalo mo ketemu jangan ngedadak gitu, soalnya saya kan agendanya padat

SMS gak dibalas. Oyen marah.

Saya yakin Oyen pasti kecewa berat karena belum bisa ketemu idolanya. Beberapa menit kemudian setelah diperkirakan emosi Oyen mulai stabil, barulah saya telepon.

Lalu apa yang terjadi sodara-sodara?

Saya benar-benar gak nyangka seorang Oyen yang selama ini saya kenal suka nyablak, ternyata aslinya justeru sangat halus dan lembut. Walaupun saya belum ketemu langsung, namun suaranya melalui telepon benar-benar telah membius saya saking merdunya, saya bahkan seolah bermimpi sedang bicara dengan Puteri Solo. Ini beneran, lho!? Saya gak bohong.

Lain Oyen lain pula Abu Ghalib. Kata Mba Anna, saya di dunia nyata dengan di dunia maya juga berbeda bagai bumi dan langit. Waktu kami kopdar, saya terkesan rada-rada kalem (katanya), tapi di blog saya justeru banyak hahahehe suka bercanda dan kadang suka usil. Nakal katanya. Benarkah?

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki karakter yang berbeda dengan kesan yang selama ini beredar di dunia maya? Mungkin ada yang menyangkal. Tapi disadari ataupun tidak, terkadang kita memang lebih berani berekspresi di dunia maya ketimbang di dunia nyata. Narsis biar eksis, begitu pikiran orang pada umumnya.

Menurut saya, prinsip ini memang ada benarnya juga. Terbukti dari beberapa episode Headline Nyuz alias laporan kopdar dari teman-teman blogger, banyak yang bercerita tentang perbedaan karakter asli teman yang baru ditemuinya dengan karakter yang beredar di dunia maya.

Bagaimana menurut Anda?


  1. hehehe memang banyak yang berbeda antara maya dan nyata, tapi biasanya yang beda justru wajahnya. Kalau di blog biasanya dipasang foto yang cantik-cantik dan cakep-cakep, tapi pada kenyataannya….. lebih cantik/cakep …hihihi.
    Biasanya sih awalnya saja perbedaan sifat itu terlihat karena mau jaim, kalau sudah lama bertemu pasti deh keluar justru yang di blog.

    EM
    ————————
    Hehe…Mba EM bisa aja
    kalo Mba EM aslinya pasti lebih cakep
    tapi kalo sy paling susah kalo mo pajang foto di blog
    susah cari yg cakep, soalnya aslinya memang hancur

    soal karakter aslinya
    ada benarnya juga sih
    secara kalo baru ketemu org pertamakali bawaannya sok jaim gitu ya?

  2. wah…. kalo saya kayaknya ntar kalo ikutan kopdar kayak gitu diem aja… beda sekali kalo lagi nge blog

    tebar pesona kemana-mana
    —————————————–
    Beraninya cuma di blog
    Kalo sy mau kopdar harus pikir 1000x
    gak pede
    :-)

  3. hahahaha…. mungkin salah satunya saya mas… saya orangnya pendiam lho mas… hayah…
    ———————————
    Kalo saya pendiam dan pemalu
    Kalo di blog bolehlah agak kocak dikit
    :-D

  4. setuju nih..
    di dunia maya aku keLiatan ga tampan.. :D

    wadhuh kemana-mana ketemu sama oyen maroyen..
    tak terkecuaLi di sini…
    ————————————
    Kalo aslinya sangat tampan ya Mas?
    Oyen Maroyen lagi naik daun
    :-)

  5. Saya ?
    Sama aja …
    Baik di maya maupun di nyata … sama … !!! (i think … )(hehehe)

    ulasan versi saya ada disini nih … (saya jadi penulis tamu di Ladang Jiwa)
    (eh Abu udah baca belum ya ?)

    http://nakjadimande.com/2010/04/26/quadrant/

    Salam saya
    ———————————-
    Kalo soal narsis eilekhan-nya saya yakin pasti sama :-D

    Iya Om, saya baru baca setelah dapat link ini
    Makasih banyak, ulasan Om NH paling lengkap

    Salam

  6. itu biasa mas,kalau di dunia maya kan bener2 bisa mengeksplorasi dirinya sendiri,jadi oyen bisa jadi betawi gitu di dunia maya,giliran aslinya sih gak ada betawi2nya *ngelirik oyen :P
    —————————————
    Hehe…Oyen di blog bolehlah ngaku Betawi
    tapi aslinya ternyata persis Puteri Solo
    Ho…ho..
    :-D

  7. Saya sedang ingin bergairah makanya dtg ke blog ini, heeee

    Menurut teman-teman maya, saya inikalem begitu ketemu katanya cerewet, meski saya masih keukuh kalau saya ini pendiem :D

    tapi biarlahmereka yang menilai, heeeee
    ————————————————–
    Semoga Pendar Bintang sekarang semakin bergairah :-D
    Benarkah Mba Pendar Bintang orangnya kalem???

  8. Hohohohoho…saya belum pernah kopdar tuh mas, mudah2an gka da yang kecewa kalo ketemu saya langsung,waakakkaka…kaya apaan aja :P
    ———————————————
    Belum pernah kopdar???
    Masak sih???

  9. Oyen

    untung Ngkong gak jadi ketemu ma aye, bisa-bisa pinksun dah :P
    —————————————-
    Takutnya malah Oyen nyang pingsan :-P

  10. aku sama aja….
    bawel di maya…
    ajaib di nyata.. :D
    —————————-
    Udah kelihatan dari auranya :-P

  11. jelas x perbedaan antara maya dan nyata.
    salam kenal bro!
    —————————-
    Salam kenal juga Mas
    makasih sudah berkunjung
    :-D

  12. Mbah Jiwo

    waduh, bagaimana mbah bisa tahu, harusnya orang lain yang menilai…
    ———————————-
    Semua orang juga udah tahu kalo Mba Jiwo itu kakek paling gahul sedunia :-D

  13. Bisa jadi saat kopdar memang beda, karena kopdarnya hanya sesekali atau bahkan memang hanya sekali. Kopdar yang sesingkat itu saya rasa belum cukup untuk memperoleh/mengenal karakter asli seseorang. Begitu pendapat saya, Mas.
    ————————————
    Betul sekali Pak
    Saya rasa juga begitu
    Setelah ketemu berkali-kali dan sudah akrab, barulah aslinya kelihatan

  14. satuuuujuuu beraninya maen di dunia maya :P
    —————————–
    Sepertinya Mas Ian juga merasa?

  15. wah,,saya dari dulu belom pernah kopdar…

  16. wah bener banget tu, emang kalo di dunia maya biasanya kita lebih bernai berekspresi, namanya aja ga liat orangnya jadi mau ngapa2 in suka2 kita, tapi kalau udah kopdar biasanya beda jauh2 an ma waktu di dunia maya ;)

    salam kenal
    ——————————–
    Luchie Mendoza Allen

  17. maya ama nyata tetanggaan lhoo… laptop nyata, yg tampil di layar laptop itu kan maya (pas blogging kan di dunia maya) :))

  18. Memang jika menulis imajinasi kita yang berbicara, sedangkan aslinya raut muka kita yang bicara

  19. Iya benar banget tuh…biasanya didunia maya pada banyak omong tapi aslinya sih ga da omongnya alias pendiam gtu dh

  20. thanks bro,mantap sekali,Memang benar tuh….

  21. Info menarik,setuju banget untuk masalah itu,tks

  22. sepertinya saya juga..
    soalnya didunia maya kita tak saling berhadap – hadapan dan bagi mereka yang pemalu di dunia maya kebanyakan akan cenderung terbuka,,,

  23. kalau saya sih, di dunia maya atau nyata, tetep aja narsis.. he..he..he.. salam blogger..




Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

